Saturday, October 13, 2018

Etika Bisnis & Tanggung Jawab Sosial



Tanggung Jawab Sosial :
Yaitu suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat (komunitas dan lingkungannya) dan secara luas meliputi  tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan dan kreditur.

Etika Bisnis :
Suatu rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan suatu bisnis.

Manfaat Etika Bisnis
Haruslah diyakini bahwa pada dasarnya praktek etika bisnis akan selalu menguntungkan perusahaan baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang, karena :
a)   Mampu mengurangi biaya akibat di cegahnya kemungkinan terjadinya friksi,baik intern perusahaan maupun eksternal.
b)      Mampu meningkatkan motivasi pekerja.
c)      Melindungi prinsip kebebasan berniaga.
d)     Mampu meningkatkan keunggulan bersaing.

Untuk memudahkan penerapan etika perusahaan dalam kegiatan sehari-hari maka nilai-nilai yang terkandung dalam etika bisnis harus dituangkan kedalam manajemen korporasi yakni dengan cara :
a)      Menuangkan etika bisnis dalam suatu kode etik (code of conduct).
b)      Memperkuat sistem pengawasan.
c)      Menyelenggarakan pelatihan (training) untuk karyawan secara terus menerus.

Hal-hal yang Mempengaruhi Keputusan Bisnis
Ada beberapa kepompok yang dapat mempengaruhi kepentingan bisnisl diantaranya:
1.      Pengusaha dan mitra usaha.
2.      Perusahaan pemasok bahan baku.
3.      Organisasi pekerja yang mewakili pekerja.
4.      Pemerintah yang mengatur kelancaran aktivitas usaha.
5.      Bank penyandang dana perusahaan.
6.      Investor penanam modal.
7.      Masyarakat umum yanag dilayani.
8.      Pelanggan yang membeli produk.

Tanggung Jawab Bisnis dalam Lingkungan Internasional
            Apabila perusahaan bersaing dalam lingkungan bisnis internasional, mereka harus tanggap akan perbedaan budaya. Misalnya perusahaan dibeberapa negara tidak semua berpandangan bahwa memberi imbalan kepada pelanggan atau pemasok besar sebagai tidak etis.
            Perusahaan cenderung menyesuaikan dengan etika dan tanggung jawab bisnis   dalam kerangka internasional, sehingga mereka dapat membangun reputasi global untuk menjalankan roda bisnis dengan cara yang etis

Cara Pemerintah  Menjamin  Tanggung Jawab Terhadap Pelanggan
Pemerintah cenderung menjamin tanggung jawab kepada pelanggan dengan berbagai hukum atas keamanan produk, iklan dan kompetisi industri, yaitu  melalui :
P.P Tentang Keamanan Produk
Pemerintah melindungi konsumen dengan memberikan peraturan atas beberapa produk perusahaan.

P.P Tentang Periklanan
Pemerintah menciptakan hukum yang melarang iklan yang menyesatkan.

P.P Tentang Kompetisi Industri 
Pemerintah mempromosikan persaingan diseluruh industri, karena persaingan dapat menghindari penggunaan taktik penjualan yang menyesatkan serta praktek monopoli.

Tanggung Jawab Sosial kepada Pelanggan
Tanggung Jawab kepada Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk. Dalam praktek tanggung jawab yang meliputi :
a)    Tanggung Jawab Produksi :
Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan harus ada guna mencegah kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek samping.
b)   Tanggung Jawab Penjualan  :
Perusahaan  tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu agresive atau iklan yang menyesatkan. Perlu survey kepuasan pelanggan, dimana yang bersangkutan diperlakukan sebagaimana mestinya.

Menjamin Tanggung Jawab Sosial Kepada Pelanggan
            Dapat dilakukan dengan tahap menciptakan kode etik yang berisi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik seharusnya dipelihara. Dapat juga dilakukan dengan memantau semua keluhan dari pelanggan,mencari sumber keluhan dan pastikan bahwa masalah tersebut tidak akan terulang lagi,juga meminta pelanggan untuk memberi umpan balik atas barang/jasa yang mereka beli walaupun selama ini  tidak ada keluhan dengan mengirim kuesioner.
            Tanggung jawab kepada pelanggan didorong  juga oleh sekelompok konsumen tertentu. Konsumerisme mewakili permintaaan kolektif pelanggan  dimana bisnis memenuhi kebutuhan mereka. 

Cara Konsumerisme Menjamin  Tanggung Jawab Terhadap Pelanggan  
Tanggung jawab kepada pelanggan didorong juga oleh sekelompok konsumen tertentu. Konsumerisme mewakili permintaaan kolektif pelanggan dimana bisnis memenuhi kebutuhan
mereka. 

Konflik Dengan Pemberhentian Karyawan
            Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mungkin berguna untuk mengurangi biaya yang sangat substansial dan memuaskan pemegang saham, disamping  itu   supaya perusahaan bertahan hidup. Ini mungkin cara terbaik bagi perusahaan, tetapi tidak bagi karyawan.
            Solusi terbaik adalah dengan menyalurkan karyawan yang di PHK pada pekerjaan lain dalam perusahanan atau group perusahaan.

Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggung Jawab Kepada Karyawan
Untuk meyakinkan bahwa karyawan menerima perlakuan yang layak,  beberapa perusahaan  menciptakan prosedur keluhan untuk karyawan yang merasa bahwa mereka tidak diberi kesempatan yang sama.Keluhan ditangani oleh seseorang atau departemen/bagian/seksi yang ditunjuk perusahaan. Adanya masukan ydm. perusahaan berusaha memecahkan dan memperbaiki prosedurnya untuk menghindari keluhan kayawan selanjutnya.

Tanggung Jawab Sosial kepada Pemegang Saham
Perusahaan bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik (pemegang saham). Cara perusahaan meyakinkan tangung jawab social kepada pemilik saham antara lain dengan cara:
1.  Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka membuatnya untuk kepentingan pemilik.
2.   Gaji karyawan dikaitkan dengan kinerja perusahaan, dalam hal ini karyawan tinggal memfocuskan pada memaksimalkan nilai perusahaan.
3.  Pemegang saham aktif dalam mempengaruhi kebijakan manajemen perusahaan, terlebih ketika  mereka tidak puas dengan gaji para eksekutif perusahaan atau kebijakan lain. Pemegang saham yang sangat aktif umumnya investor institusi yang memiliki sejumlah besar saham. Mereka akan meminta pertangungjawaban eksekutif perusahaan atas ketidak puasannya.

Tanggung Jawab Sosial kepada Kreditor
Jika perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi kewajibannnya, harus memberi tahu para kreditor. Biasanya kreditor bersedia memperpanjang jatuh tempo pembayaran serta  memberi advis dalam mengatasi masalah keuangan.

Tanggung Jawab Sosial kepada Lingkungan
Pencegahan polusi udara,dengan cara peninjauan kembali proses produksi. Contohnya membatasi jumlah Co2 yang disebabkan oleh proses produksi dengan mendesain peralatan produksi dan produknya, mendaur ulang plastik dan membatasi pemakaian material yang akan menjadi sampah yang solid. Pencegahan polusi daratan,dengan cara peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan,serta menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan.

Tanggung Jawab Sosial kepada Komunitas
1.      Sponsori acara masyarakat lokal di sekitar perusahaan.
2.      Memberikan sumbangan kepada masyarakat tidak mampu.
3.      Menyumbangkan dana untuk tujuan pendidikan.

Biaya-biaya Atas Tanggung Jawab Sosial
Kemungkinan biaya yang timbul sebagai akibat tanggung jawab sosial kepada:
1.  Pelanggan, adalah: Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengetahui kepuasan pelanggan,Gugatan hukum oleh pelanggan.     
2.     Karyawan, adalah: Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengetahui kepuasan karyawan,  Gugatan hukum oleh karyawan karena diskriminasi atau tuduhan tanpa bukti.
3.     Pemegang Saham, adalah: Mengumumkan Informasi Keuangan secara periodik, Gugatan hukum atas tuduhan bahwa manajer perusahaan tidak memenuhi tanggung jawabnya kepada para pemegang saham.
4.    Lingkungan, adalah: Memenuhi regulasi pemerintah akan lingkungan, Memenuhi janji akan petunjuk lingkungan yang dibuat perusahaan.
5.      Komunitas, adalah: Sponsor aktivitas yang akan diberikan oleh masyarakat.

Konflik dengan Memaksimalkan Tanggung Jawab Sosial
1.   Kebijakan perusahaan yang memaksimalkan tanggung jawab sosial dapat menimbulkan konflik dengan memaksimalkan nilai perusahaan.
2.   Biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan akan dibebankan kepada pelanggan. Jadi kecenderungan memaksimalkan tanggung jawab sosial terhadap komunitas akan mengurangi kemampuan perusahaan menyediakan produk dengan harga wajar kepada konsumen.
3.  Hendaknya dukungan sosial tidak hanya menolong masyarakat tetapi dapat juga menjadi alat pemasaran bagi perusahaan.

Upaya yang dilakukan untuk mengatasi polusi 
1.   Perusahaan membatasi jumlah CO2 yang disebabkan oleh proses produksi dengan mendesain peralatan produksi dan  produknya.
2.      Merevisi proses produksi dan pengemasan untuk mengurangi jumlah sampah/limbah.
3.      Menyimpan sampah meracun dan mengirimkannya ketempat pembuangan sampah khusus.
4.      Mendaur ulang plastik dan membatasi pemakaian material yang akan menjadi sampah yang solid.
5.  Perusahaan harus memiliki program lingkungan yang dirancang untuk mengurangi kerusakan lingkungan.

2 comments: