Saturday, October 20, 2018

Pasar Persaingan Sempurna dan Kurva Penawaran Industri Jangka Panjang


            
            Semakin banyak penjual berarti semakin banyak pilihan pembeli. Penjual yang harganya lebih tinggi tentu akan ditinggalkan pembeli. Hal ini lah yang memaksa para penjual untuk mengikuti saja harga yang berlaku di pasar (price taken).
              Semakin homogeny barang yang dijual berarti pembeli semakin tidak memiliki insentif mencari barang dipenjual lain. Hal ini lah yang mendorong penjual untuk menjual barangnya sama dengan harga yang berlaku di pasar.
            Semakin banyak kelebihan kapasitas produksi, maka setiap kanaikan permintaan dapat dipenuhi tanpa membuat harga-harga naik. Hal ini lah yang menahan penjual untuk tidak menaikkan harganya meskipun ada kenaikan permintaan. Bila ia tetap menaikkan harganya, maka pembeli akan berpaling membeli barang pada punjual lain yang juga memiliki kelebihan kapasitas produksi dengan harga yang tidak naik. 

Struktur  Pasar Persaingan Sempurna      
            Dalam pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya, sehingga tidak mampu mempengaruhi pasar.

Karakteristik  Pasar Persaingan Sempurna :
  1. Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
  2. Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi yang sempurna tentang keadaan pasar meliputi perubahan harga, kuantitas dan kualitas barang / jasa (perfect knowledge)
  3. Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output pasar (small relatively output )
  4. Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taken)
  5. Semua pasar bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
  6. Terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna
  7. Tidak ada biaya atau manfaat eksternal berhubungan dengan barang dan jasa yang dijual di pasar
  8. Di dalam jangka panjang perusahaan-perusahaan tidak mungkin memperoleh keuntungan yang luar biasa (melebihi normal).
  9. Kerugian yang dialami sebuah perusahaan-perusahaan dalam pasar ini sifatnya sementara. Kerugian mendorong beberapa perusahaan untuk mengundurkan diri dari industri ini
  10. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam jangka panjang perusahaan-perusahaan dalam persaingan sempurna cenderung untuk memperoleh keuntungan normal saja.

Pemaksimuman Jangka Panjang
            Dalam jangka panjang, semua input adalah variabel. Keadaan ini bisa dianggap sebagai stage perencanaan sebelum perusahaan masuk ke dalam industri. Dalam jangka panjang, perusahaan juga tetap berusaha memaksimumkan profit. Harga ditetapkan pasar dan sama dengan MR. Output akan naik selama MR <  MC. Dan maksimum profit akan tercapai bila MR = MC.

Keseimbangan Jangka Panjang
            Dalam jangka panjang perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik hanya memperoleh laba normal. Hal ini terjadi karena pada pasar persaingan monopolistik tidak ada hambatan yang berarti bagi masuknya perusahaan akan semakin mengecil. Semakin banyak perusahaan baru yang masuk ke dalam suatu industri, semakin besar kapasitas produksi, sehingga dalam jangka panjang perusahaan hanya memperoleh laba normal.

Operasi Perusahaan dan Industri dalam Jangka Panjang
            Dalam jangka panjang perusahaan dan industri dapat membuat beberapa perubahan tertentu yang di dalam jangka pendek tidak dapat dilakukan. Perusahaan dapat menambah faktor-faktor produksi yang di dalam jangka pendek adalah tetap jumlahnya. Kemungkinan ini menyebabkan perusahaan tidak lagi mengeluarkan biaya tetap, semuanya adalah biaya berubah. Apabila perusahaan tidak dapat menutupi biaya perubahannya, ia tidak akan membubarkan usahanya, tetapi hanya akan menghentikan kegiatan produksinya.

Kebaikan Sistem Pasar Persaingan Sempurna:
1. Persaingan Sempurna Memaksimumkan Efisiensi
     Efisiensi terbagi menjadi dua pengertian, yaitu efisiensi produktif dan efisiensi alokatif.
           
Efisiensi Produktif 
Untuk mencapai efisiensi produktif harus dipenuhi dua
syarat, yaitu :
  1. Setiap tingkat produksi, biaya yang dikeluarkan adalah yang paling minimum. Gabungan yang paling efisien adalah gabungan yang mengeluarkan biaya yang paling sedikit
  2. Industri secara keseluruhan harus memproduksikan barang pada biaya rata-rata yang paling rendah, yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik yang paling rendah

Efisiensi Alokatif
Alokasi sumber-sumber daya mencapai efisiensi yang
maksimum apabila dipenuhi syarat berikut :
  1. Harga setiap barang sama dengan biaya marginal untuk memproduksikan barang tersebut
  2. Produksi harus terus dilakukan sehingga tercapai keadaan dimana harga = biaya marginal.

Dengan cara ini produksi berbagai macam barang dalam perekonomian akan memaksimumkan kesejahteraan masyarakat.

Efisiensi dalam Pasar Persaingan Sempurna        
            Dalam jangka panjang perusahaan dalam persaingan sempurna akan mendapat laba normal, dan laba normal ini akan dicapai apabila tingkat produksi adalah yang paling minimum
  1. Dalam jangka panjang keadaan ini berlaku :
            Harga = hasil penjualan marginal = biaya marginal
  1. Kesamaan ini membuktikan bahwa pasar persaingan sempurna juga terbukti bisa mencapai efisiensi alokatif.  

2. Kebebasan Bertindak dan Memilih 
            Didalam pasar yang bebas tidak seorang pun mempunyai  kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi dan jenis barang yang diproduksikan. Mereka bebas menentukannya sendiri. Dengan adanya kebebasan untuk memproduksikan berbagai jenis barang, maka masyarakat dapat mempunyai pilihan yang lebih banyak terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya.

Keburukan Sistem Pasar Persaingan Sempurna:
1. Persaingan Sempurna Tidak Mendorong Inovasi        
            Dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain. Sehingga perusahaan tidak dapat memperoleh keuntungan yang kekal dari mengembangkan teknologi dan teknik produksi baru tersebut. Hal tersebut menyebabkan perusahaan-perusahaan tidak terdorong untuk melakukan perkembangan teknologi dan inovasi.

2. Persaingan Sempurna Adakalanya Menimbulkan Biaya Sosial
          Dalam menilai efisiensi perusahaan yang diperhatikan adalah cara perusahaan itu menggunakan sumber-sumber daya. Ditinjau dari sudut pandangan perusahaan, penggunaanya mungkin sangat efisien, namun jika ditinjau dari sudut kepentingan masyarakat, adakalanya merugikan.

3. Membatasi Pilihan Konsumen
            Karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan sempurna adalah 100% sama, konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.

4. Biaya Produksi dalam Persaingan Sempurna Mungkin Lebih Tinggi
            Didalam mengatakan biaya produksi dalam pasar persaingan sempurna adalah paling minimum, tersirat (yang tidak dinyatakan) pemisalan bahwa biaya produksi tidak berbeda. Dan pemisalan ini tidak selalu benar. Perusahaan-perusahaan dalam bentuk pasar lainnya mungkin dapat mengurangi biaya produksi sebagai akibat menikmati skala ekonomi, perkembangan teknologi dan inovasi.

5. Distribusi Pendapatan Tidak Selalu Merata
            Suatu corak distribusi pendapatan tertentu menimbulkan suatu pola permintaan tertentu juga dalam masyarakat. Hal ini akan menentukan bentuk pengalokasian sumber-sumber daya. Ini berarti distribusi pendapatan menentukan bagaimana bentuk dari penggunaan sumber-sumber daya yang efisien.

Kurva Penawaran Industri dalam Jangka Panjang
            Perubahan-perubahan biaya produksi dalam jangka panjang akan mempengaruhi kurva penawaran. Dalam jangka panjang, biaya dapat naik, tetap atau turun tergantung pada perubahan permintaan komoditi yang bersangkutan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

Kurva penawaran jangka panjang untuk industri di persaingan sempurna :
1.      Sepenuhnya elastis (yaitu horizontal), dalam industri biaya-konstan (constant-cost) 
2.      Condong ke atas, dalam industri harga meningkat (increasing-cost)
3.      Condong ke bawah, dalam industri harga menurun (decreasing-cost)
           
            Sebuah perusahaan dikatakan industri biaya-konstan, industri harga meningkat, atau industri harga menurun  ditentukan oleh kaberadaan sumber daya yang memadai atau tidak cukup.

Ekuilibrium Persaingan Pasar Sempurna dalam
Jangka Panjang
            Keseimbangan jangka panjang perusahaan dalam persaingan sempurna adalah dimana permintaan (dan pendapatan marginal yang identik dengan itu) adalah menyinggung terhadap biaya total rata-rata minimum (dimana biaya marginal juga berpotongan dengan biaya total rata-rata). Pada titik tersebut, tidak terdapat laba ataupun rugi bagi perusahaan.
Berdasarkan sifat perubahan biaya produksi jangka panjang, kurva penawaran industri dalam pasar persaingan sempurna dibedakan ke dalam 3 bentuk, yaitu :
a.       Biaya jangka panjang yang tidak berubah (constant cost industry)
b.      Biaya jangka panjang yang semakin meningkat (increasing cost industry)
c.       Biaya jangka panjang yang semakin menurun (decreasing cost industry)

Biaya jangka panjang yang tidak berubah (Constant Cost Industry)
            Dalam industri skala biaya konstan (constant cost industry) penambahan penggunaan faktor produksi karena masuknya perusahaan-perusahaan baru, tidak akan menaikkan harga faktor produksi. Karenanya kurva-kurva biaya perusahaan yang sudah ada tidak berubah. Kurva penawaran jangka panjang adalah LS yang berbentuk garis lurus sejajar sumbu horizontal.

Kurva Penawaran Jangka Panjang Industri Skala Biaya Konstan



Biaya jangka panjang yang semakin meningkat (Increasing Cost Industry)
            Pada industri skala biaya menaik, masuknya perusahaan-perusahaan baru menyebabkan harga faktor produksi naik, sehingga terjadi perubahan struktur biaya dan pergeseran titik keseimbangan.

Kurva Penawaran Jangka Panjang Industri Skala Biaya Menarik



Biaya jangka panjang yang semakin  menurun (Decreasing Cost Industry)
            Pada industri skala biaya menurun masuknya perusahaan-perusahaan lain ke dalam industri justru menurunkan harga faktor produksi karena efisiensi skala besar (large scale economies). Kurva penawaran jangka panjang adalah LS yang mempunyai sudut kemiringan negatif.

Kurva Penawaran Jangka Panjang Industri Skala Biaya Menurun

No comments:

Post a Comment