Monday, December 24, 2018

Permintaan dan Penawaran


Definisi Permintaan (Demand)
            Permintaan adalah Jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Permintaan individu akan suatu komoditi tergantung pada berbagai hal. Dalam analisis ekonomi dianggap bahwa permintaan suatu barang terutama di pengaruhi oleh tingkat harganya. Oleh sebab itu dalam teori permintaan yang terutama dianalisis adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut. Teori permintaan menjelaskan sifat para pembeli dalam permintaan suatu barang.

Definisi Penawaran (Supply)
             Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijadikan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Secara spesifik, penawaran menunjukan beberapa banyak produsen suatu barang mau dan mampu menawarkan per priode pada bebagai kemungkinan tingkat harga, hal lain diasumsikan konstan. Harga sesuatu barang selalu dipandang sebagai faktor yang sangat penting dalam menentukan penawaran barang tersebut. Oleh sebab itu teori penawaran terutama menumpukan perhatiannya kepada hubungan diantara tingkat harga dengan jumlah barang yang ditawarkan

Hukum Permintaan
            Hukum permintaan berbunyi: “Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang tersedia diminta”. Hukum permintaan akan berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap). Pada saat terjadi kenaikan dan penurunan harga dapat disimpulkan perilaku konsumen sebagai berikut :



Pada saat terjadi kenaikan harga :
  1. Ketika suatu barang mengalami kenaikan harga, dan pada saat itu pendapatan tidak mengalami perubahan (tetap) setiap orang akan merasa tidak mampu untuk membelinya dan akan mengurangi pembeliannya akan barang yang harganya sudah naik itu. Demikianlah jumlah barang yang diminta itu turun karena adanya income effect.
  2. Ketika barang yang bersangkutan harganya naik maka konsumen akan lebih memilih barang dengan harga yang murah (barang subtitusi)
Misalnya : Ketika harga beras mengalami kenaikan maka masyarakat dapat menggatinya dengan membeli jagung atau singkong. Demikianlah hubungan berlawanan arah  antara harga satuan (P) dan jumlah yang diminta (Q) terjadi karena bekerjanya efek pendapatan dan efek subtitusi.


Pada saat terjadi penurunan harga :
  1. Sebelum harga barang turun, mereka tidak dapat membelinya. sekarang sesudah turunya harga, orang akan meninggalkan membeli barang lain untuk berganti membeli barang yang harganya sudah turun itu. Bertambahnya jumlah barang yang diminta karena adanya pergantian (subtitution effect).
  2. Jika terjadi penurunan harga maka setiap orang akan membeli dengan jumlah yang lebih banyak. Sehingga mereka akan kaya dengan barang yang bersangkutan daripada yang sebelumnya. Bertambahnya barang yang diminta karena naiknya pendapatan konsumen (income effect).
Misalnya : Ketika harga beras stabil masyarakat akan membeli sesuai kebutuhannya, namun ketika harga beras turun maka masyarakat cenderung membelinya dalam jumlah banyak sebagai cadangan.

Faktor yang Mempemaruhi Penawaran
  1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
  2. Tujuan perusahaan
  3. Tujuan dari suatu perusahaan
  4. Pajak
  5. Ketersediaan dan harga barang pengganti
  6. Perkiraan harga dimasa depan

Hukum Penawaran
            Teori penawaran yang yang menjelaskan sifat hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan harganya dikenal dengan hukum penawaran yang berbunyi : “ Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual, sebaliknya semakin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan”. Hukum penawaran berlaku apabila faktor-faktor lain yang memengaruhi penawaran tidak berubah.

Faktor yang Memengaruhi Permintaan
  1. Perilaku konsumen atau selera konsumen
  2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
  3. Pendapat atau penghasilan konsumen
  4. Perkiraan harga masa depan
  5. Banyaknya/intesitas kebutuhan konsumen
  6. Jumlah penduduk

Daftar Permintaan
            Daftar permintaan adalah suatu tabel yang memberi gambaran dalam angka – angka tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta masyarakat
Contoh :
                                              Permintaan Kedelai di Pasar Gondang, Kediri.


Daftar Penawaran
            Daftar penawaran merupakan suatu tabel yang memberi gambaran dalam angka – angka tentang hubungan harga dengan jumlah barang yang ditawar masyarakat.
Contoh:
                                            Penawaran pakaian di Pasar Gondang, Kediri.


Kurva Permintaan
            Kurva permintaan merupakan kurva yang menunjukan jumlah barang tertentu yang di minta pada bagian kemungkinan tingkat harga selama periode waktu tertentu, hal lain di asumsikan konstan.
Contoh :
            Kurva Permintaan

Kurva Permintaan
            Kurva permintaan merupakan kurva yang menunjukan jumlah barang tertentu yang di minta pada bagian kemungkinan tingkat harga selama periode waktu tertentu, hal lain di asumsikan konstan.
Contoh :
            Kurva Permintaan

No comments:

Post a Comment