Friday, April 6, 2018

Seni dan Ilmu Analisis Ekonomi



DEFINISI PERMASALAHAN EKONOMI
Permasalahan ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.
Pokok masalah ekonomi ada 3 yaitu:
  1. Produksi yaitu menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda. 
  2. Konsumsi yaitu menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda. 
  3. Distribusi yaitu menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.

PERMASALAHAN EKONOMI MIKRO DI INDONESIA
  1. Harga Dasar dan Harga Tertinggi Krisis ekonomi yang pernah melanda dunia terjadi cukup lama dan diyakini bahwa mekanisme pasar tidak mampu menyelesaikan masalah ekonomi tersebut. Artinya, keseimbangan permintaan dan penawaran di pasar tidak tercapai. Pengaruh dari krisis tersebut adalah melambungnya harga berbagai jenis barang yang dibutuhkan oleh produsen dan konsumen. Salah satu campur tangan pemerintah dalam permasalahan ini ialah kebijakan pemerintah mengenai harga dasar (floor price) dan harga tertinggi (ceiling price). Tujuan penentuan harga dasar adalah untuk membantu produsen, sedangkan harga tertinggi untuk membantu konsumen. Misalnya, musim panen padi menyebabkan jumlah beras melimpah. Akibatnya, harga beras turun sehingga para petani mengalami kerugian. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah menentukan harga dasar (floor price) beras untuk membantu para petani. 
  2. Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Sehubung dengan naiknya harga BBM, para pengusaha angkutan umum bus kota, angkot, dan taksi mengalami penurunan pendapatan dan mengurangi laba bagi pengusaha dan para sopir. Untuk menyesuaikan kenaikan harga BBM tersebut, beberapa pengusaha angkutan umum menaikkan tarifnya secara sepihak. Tindakan ini tentu saja akan memberatkan para konsumen pengguna jasa angkutan. Untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah bersama para asosiasi pengusaha angkutan melakukan penyesuaian tarif angkutan umum dengan menetapkan tarif resmi bagi para pengusaha bus kota, angkot, dan taksi. Besarnya tarif resmi ini tentu tidak akan memberatkan konsumen atau juga tidak merugikan pengusaha angkutan umum. 
  3. Masalah Pembangunan Infrastruktur Masalah pembangunan seperti jalan tol dan pelabuhan yang menjadi gerbang masuknya devisa asing tidak berjalan sesegera mungkin. Pembangunan juga dapat mempermudah dalam penyaluran distribusi sehingga mendapatkan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. 
  4. Belum Meratanya Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik Listrik pasalnya merupakan motor penggerak roda perekonomian. Ketika suatu kegiatan usaha tidak mendapatkan pasokan listrik, hal ini menyebabkan proses produksi berhenti. Walaupun hanya sebatas usaha kecil dalam proses produksinya tetap harus menggunakan listrik.

PERAN PEMERINTAH
Pemerintah mempunyai peranan untuk mengatur, memperbaiki atau mengarahkan aktivitas ekoomi di Indonesia,pemerintah berperan dalam mengatur negaranya dalam bidang perekonomian  yang dapat diklasifikasikan dalam beberapa hal yaitu:
  1. Pada fungsi alokasi pemerintah harus menetukan barang-barang publik yang diperlukan warganya, seberapa besar harus disediakan oleh pemerintah, dan seberapa besar yang dapat disediakan oleh rumah tangga perusahaan.  
  2. Pada fungsi distribusi pemerintah berupaya untuk mendistribusikan pendapatan atau kekayaan agar masyarakat sejahtera. 
  3. Pada fungsi stabilitas pemerintah dengan kebijakan fiskal perlu mempertahankan atau mencapai tujuan seperti kesempatan kerja yang tinggi,dan stabilitas tingkat harga. 
  4. Memberikan pelayan publik seperti fasilitas pendidikan dan kesehatan untuk meningkatakan kualitas sumber daya manusia sebai pelaku ekonomi.

DEFINISI SUMBER DAYA
Sumber daya adalah input atau faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi keinginan manusia.
Sumberdaya dibagi menjadi empat kelompok yaitu:
  1. Tenaga kerja merupakan usaha manusia yang mencakup fisik dan mental. Hal ini termasuk usaha supir taksi atau ahli bedah. Tenaga kerja juga berasal dari sumberdaya yang lebih mendasar yaitu waktu. Tanpa waktu kita tidak akan mendapatkan apa-apa. 
  2. Kapital meliputi kreatifitas manusia yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Kita sering membedakan antara kapital fisik dan kapital manusiawi. Kapital fisik meliputi pabrik, mesin, peralatan, bangunan jalan tol. Kapital fisik juga mancakup mobil dari sopir taksi, pisaunya ahli bedah, traktornya petani, sistem jalan tol dan bangunan tempat berlangsungnya kelas mata kuliah ilmu ekonomi. Kapital mausiawi meliputi pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan manusia untuk meningkatka produktifitas kerja mereka, seperti pengetahuan supir taksi tentang jalan di kota dan pengetahuan ahli bedah tantang biologi. 
  3. Tanah tidak hanya meliputi tanah dalam pengertian konfensional tetapi juga sumber daya alam yang lain  seperti air, pohon, cadangan minyak mineral dan juga binatang. 
  4. Kewirausahaan adalah bakat yang diperlukan untuk menghasilkan produk baru atau cara yang lebih baik dalam menghasilkan produk yang sudah ada. Perusahaan di dunia saat ini, seperti ford, IBM dan mcrosoft semuanya dimulai dengan sebuah ide dari seorang wirausahawan.

PERAN MASYARAKAT
Cara masyarakat dalam mengatasi terjadinya kelangkaan sumber daya yang terbatas:
  1. Cara eksplorasi dan penemuan ini dapat dilakukan untuk memperoleh sumber daya yang baru yang belum diketahui dan atau yang pernah digal sebelumnya. Penemuan sumber daya yang relatif tersebut dapat meningkat. Tetapi ini bukan cara yang terbaik untuk mengatasi kelangkaan sumber dya alam karena hanya bersifat jangka pendek atau hanya untuk pada habisnya sumber daya yang tidak dapat diperbarui. 
  2. Kemajuan teknologi memungkinkan untuk bisa mengurangi biaya ekstraksi sumber dayadengan menemuka cara-cara baru yang lebih efisien dalam mengestrak, mengolah, memproses dan menggunakan sumber daya dengan jenis atau tipe teknologi yang dikembangkan disesuaikan dengan tingkat kelangkaan sumber daya dengan menekan biaya eksploasi. 
  3. Pemanfaatan kembali dari daur ulang adalah penggunaan barang-barang yang tidak dipakai lagi oleh produsen atau konsumen tertentu, tetapi karena masih layak dan berfungsi , masih bisa digunakan lag oleh konsumen lainnya. Contohnya sebuah komputer yang sudah tidak layak pakai bagi perusahaan ,namun karena maih bisa dipakai bagi konsumen lain misalkan warnet, maka perusahaan tersebut dapat menjual kembali kepada pemilik warnet tersebut. 
  4. Penggunaan subsitusi , dalam hal ini sumber daya yang berlimpah dimanfaatkan untuk subsitusi sumber daya yang langka, semakin mudah proses subsitusi sumber daya yang diperbarui  atau sumber daya yang tidak dapat diperbarui yang melimpah, maka semakin kecil dampaknya terhadap proses terjadinya kelangkaan atau berkurangnya ketersediaan sumber daya serta kenaikan harga.

DEFINISI BARANG, JASA DAN KELANGKAAN
  1. Barang adalah objek nyata yang digunakan untuk memenuhi keinginan manusia. 
  2. Jasa adalah kegiatan yang ditujukan  untuk memenuhi keinginan manusia.
  3. Kelangkaan adalah bila jumlah yang diinginkan orang melebihi jumlah yang tersedia pada harga sebesar nol.

BARANG PEMUAS KEBUTUHAN 
Barang yang termasuk sebagai alat pemuas kebutuhan :
  1. Barang Ekonomi Adalah barang yang dibutuhkan jumlahnya terbatas namun peminatnya banyak sehingga untuk mendapatkanya dibutuhkan pengorbanan . Pengorbanan  yang dikeluarkan biasanya berupa uang (membelinya) atau waktu. Contoh barang ekonomi seperti makanan , minuman , televisi , pakaian , dll.
  2. Barang Bebas Adalah alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya melimpah dan untuk mendapatkanya tidak memerlukan pengorbanan. Oleh karena tersedia dalam jumlah besar , seseorang dapat mengambilnya begitu saja dengan bebas. Contoh barang bebas antara lain air di sungai atau di laut,udara disekitar kita , es di daerah kutub , pasir dipadang pasir dan sinar matahari. Semua itudapat di peroleh secara gratis.
  3. Barang Illith Adalah benda yang jumlahnya berlebihan sehingga dapat membahayakan dan mendatangkan bencana. Oleh karena itu perlu dikurangi penggunaannya. Contohnya api, jika api yang digunakan kecil dapat digunakan untuk memasak atau penerangan, tetapi ketika api itu besar akan mendatangkan bencana kebakaran.

DEFINISI PELAKU EKONOMI
Pelaku ekonomi merupakan pelaku atau pengambil keputusan dalam ekonomi terdiri dari empat jenis yaitu rumah tangga,perusahaan, pemerintah, dan luar negeri. Rumah tangga memegang peranan penting sebagai konsumen rumah tangga memerlukan barang dan jasa yang diproduksi. Sebagai pemilik sumber daya rumah tangga menawarkan tenaga kerja kapital, tanah, dan kewirausahaan. Perusahaan, pemerintah dan luar negeri sumber daya yang ditawarkan oleh rumah tangga untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh rumah tangga.

DEFINISI ILMU EKONOMI MIKRO DAN ILMU EKONOMI MAKRO 
Ilmu ekonomi mikro adalah studi tentang prilaku ekonomi anda dan perilaku ekonomi orang lain yang membuat pilihan seperti apa yang harus dibeli, apa yang harus dijual, berapa lama harus bekerja, berapa lama harus bermain,berapa harus meminjam dan berapa harus ditabung. 
Ilmu ekonomi makro adalah mempelajari perekonomian secara keseluruhan dan menggabungkan potongan tersebut menjadi satu dan memberikan perhatian secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment