Thursday, April 12, 2018

Pengertian Ruang Lingkup dan Aktivitas Bisnis




Daya Tarik Bisnis
Keberhasilan pelaku bisnis menjadi salah satu daya tarik bagi orang lain untuk menekuni profesi bisnis.

Pengertian dan Fungsi Bisnis
Bisnis→berasal dari business →busy →sibuk “Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”. Konteks: individu, komunitas ataupun masyarakat. Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan [Huat, T Chwee,1990]. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan[Griffin & Ebert]. Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai(create value)melalui penciptaan barang dan jasa(create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi

Aspek-aspek bisnis:
  1. Kegiatan individu dan kelompok 
  2. Penciptaan nilai 
  3. Penciptaan barang dan jasa 
  4. Keuntungan melalui transaksi
Mengapa Bisnis Penting ?
Peranan bisnis sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat, karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan (needs) keinginan (wants) dari masyarakat konsumen yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan (customer satisfactions). Setiap perusahaan yang berkinerja baik dan mampu memberikan layanan yang memuaskan konsumen maka dipastikan akan memperoleh ‘profit’ atau keuntungan dan usahanya akan terus berkembang dengan pesat ‘going concern’.

Bisnis = Perusahaan
Perusahaan dapat didefinisikan sebagai organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan jasa bagi pemuasan kebutuhan konsumen, serta diharapkan akan memperoleh laba bagi pemiliknya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa konsep perusahaan merupakan bagian dari konsep bisnis, namun demikian dalam pembahasan selanjutnya istilah ‘bisnis’ akan lebih sering dipergunakan dari pada ‘perusahaan’.

Konsep Lingkungan Bisnis
Adalah sekumpulan faktor-faktor tertentu yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktifitas bisnisnya. Faktor-faktor tersebut meliputi lingkungan eksternal yg dibagi dalam lingkungan jauh (makro) yaitu :
  1. Politik.
  2. Ekonomi.
  3. Sosbud.
  4. Teknologi.
  5. lingkungan industri. 
Sedangkan lingkungan internal yaitu :
  1. meliputi aspek-aspek dan
  2. kebijakan internal didalam lingkungan perusahaan.

Fungsi dasar Bisnis
      Mencari dan menemukan sumber bahan baku
      Mengolah bahan baku menjadi produk jadi
      Menyalurkan produk jadi ketangan konsumen.

Aktivitas Bisnis 
Produksi
   Setiap aktivitas untuk memuaskan kebutuhan manusia (Barang/Jasa).
Distribusi
   Pemindahan tempat barang/jasa dari produsen ke konsumen.
3    Konsumsi
  Penggunaan barang/jasa yg dihasilkan dari proses produksi.


      Jaringan distribusi membawa barang/jasa kpd pembeli (konsumen).
      Konsumen merefleksikan kpd pihak produsen tingkat permintaan akan barang/jasa.

Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi
Fungsi Mikro Bisnis adl berupa Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
1)      Pekerja/ Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang  tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba
2)      Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan akan berjalan  mencapai tujuan kegiatan
3)      Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan

Fungsi Makro Bisnis adl berupa Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
Masyarakat sekitar perusahaan 
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan.

Bangsa dan Negara
Tanggungjawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.

Elemen dan Sistem Bisnis
Modal (capital)
Sejumlah uang yang  digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis.

Bahan-bahan (materials)
Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Sumber Daya Manusia(SDM), dg Kualifikasi SDM :
Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi

Ketrampilan Manajemen(Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen

Faktor-faktor yang mendorong orang untuk membuka usaha sendiri, yaitu :
  1. Terbuka kesempatan untuk memperoleh keuntungan 
  2. Memenuhi minat dan keinginan pribadi 
  3. Terbuka kesempatan untuk menjadi “BOSS” 
  4. Adanya kebebasan dalam manajemen 

Tantangan-tantangan yang dihadapi bisnis
Tantangan produktivitas
Diperlukan usaha yang dilakukan oleh bisnis itu sendiri agar bisnis tersebut dapat mengahadapi pasar luas yang semakin berkembang.

Tantangan kualitas
Diperlukan usaha untuk meningkatkan mutu dengan emeningkatkan efisiensi dan perbaikan kualitas yang mencakup seluruh bagian dan tingkatan dalam suatu perusahaan.

Tantangan pasar global
Peningkatan produktivitas dan kualitas produk harus ditingkatkan agar dapat menghadapi persaingan global.

No comments:

Post a Comment